Virus dan sang awam

Tidak peduli musim hujan maupun musim kemarau, dia selalu membuat jengkel yang terinfeksi. Dalam keadaan genting sekalipun dia turut andil mengganggu. Bukan suatu penyakit, namun apabila dibiarkan dia bisa melumpuhkan pekerjaan anda. Ya, virus komputer sebutannya. Kaget, putus asa, stress merupakan awal ekspresi anda apabila pertama kali berjumpa. Apa saja yang diulah sang virus ini sebenarnya?
Virus komputer tidak menyerang manusia, hewan atau tumbuhan. Mengapa saya katakan demikian? Ya karena memang begitu kenyataannya! Namun masih saja ada “awam” mengatakan virus komputer bisa menularkan penyakit, ya layaknya penyakit. Itu hanyalah khayalan sang “awam” yang pada waktu itu menganalogikan komputer layaknya manusia karena bisa terinfeksi virus. Sungguh menyedihkan sekali dan sangat tidak berprikevirusan. Apabila virus komputer merupakan manusia, tidak bisa dibayangkan betapa terluka hatinya dia difitnah dapat menginfeksi makhluk hidup. Banyaknya debu dan kotoran tidak ada pengaruhnya sama sekali dengan terinfeksinya komputer anda. Suatu ketika saya membuka casing CPU komputer milik seorang bapak¬¬¬. Beliau meminta saya untuk nge-check komputernya karena pada saat dihidupkan, monitor hanya kelap-kelip. Diagnosa pertama saya sebagai tekhnisi kemungkinan pada saat itu memory RAM kurang klop di tempatnya. Setelah casing terbuka, banyak sekali debu dan kotoran. Bapak itu juga menyaksikan momment tersebut dan bersuara,”pantas aja mas virusnya banyak wong kaya gitu debunya”. Saya tidak bersuara, saya membiarkan beliau dengan konsep yang dia miliki, toh yang pasti suatu saat beliau akan tahu.
Banyaknya mitos seputar virus komputer sering bermunculan. Salah satu contohnya seperti yang saya utarakan itu. Anda dapat membedakan mitos dan fakta tentang virus komputer dan menanamkannya di benak anda. Virus komputer merupakan program yang sengaja dibuat untuk “mengganggu” kinerja sistem operasi komputer. Sistem yang terganggu tentu sangat berpengaruh dengan pekerjaan kita. Dalam suatu perkuliahan, seorang dosen meminta semua mahasiswa mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan. Betapa kagetnya seorang mahasiswa ketika melihat semua data yang ada di komputernya lenyap. “Laptopku rusak!!” Betapa tidak, semua data lenyap, folder-folder pun tidak bisa dibuka.
Seperti yang telah kita ketahui, virus komputer merupakan program yang memang dirancang untuk mengganggu sistem komputer. Awamers dibuat bingung, tekhnisi komputer dibuat bekerja ekstra. Virus komputer jenis ini sebenarnya memberi efek negatif yang tidak terlalu ekstrim. Sejatinya dia hanya meng-hide file beserta foldernya, kemudian menyulap folder itu menjadi shortcut. Sangat simple sebenarnya kasus ini. Virus tersebut dirancang untuk menyembunyikan data. Cobalah anda beranjak ke Windows Explorer, kemudian memilih Folder Options di dalam menu Tools di menubar. Selanjutnya anda beri tanda check di “show hidden files, folder and drives” dan uncheck “hide protected operating system files”. Anda akan melihat semua file dan folder yang disembunyikan sang virus. Apa yang sebenarnya terjadi? Exactly! Laptop terinfeksi virus komputer.
Bagaimana laptop ini bisa terinfeksi virus? Flashdisk, disket dan kepingan CD atau DVD yang di dalamnya sudah mengandung file terinfeksi merupakan cikal bakal transmigrasi virus komputer ke laptop ini. Media ini merupakan “wadah” virus bermukim sebelum ia bertransmigrasi ke tempat lain. Sang virus hanya menunggu waktu yang tepat pada saat ujung usb flashdisk ataupun kepingan CD / DVD anda dimasukkan ke komputer.
Mungkin dengan fakta yang terjadi seperti ini, awamers juga akan memutar otaknya untuk mengakali agar virus komputer tidak menginfeksi. Lalu ditulislah “Jangan dimasukkan flashdisk” dan menjadikan tulisan ini sebagai wallpaper dari komputernya. Lagi-lagi awamers tidak berkepriflashdisk-an. Bayangkan, flashdisk disalahkan. Sungguh terlalu!
Olahraga, vitamin dan makanan sehat merupakan langkah pencegahan dari serangan penyakit. Untuk mencegah komputer kita dari serangan virus komputer, berbeda cara pencegahannya. Jangan pernah anda beranggapan komputer anda juga harus mengkonsumsi vitamin. Come on, open your eyes! Antivirus merupakan jawaban yang banyak dipakai di dunia persilatan virus komputer. “Apa lagi itu antivirus?” Dari namanya saja sudah bisa ditebak. Kata “anti” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti menentang ; melawan. Antivirus bertugas menentang virus ; melawan virus. Dikatakan menentang virus, ketika sang virus komputer ingin bertransmigrasi, maka antivirus yang sudah terpasang di komputer inilah yang menentangnya terlebih dahulu. Ketika kita memasuki suatu wilayah perumahan tertentu—lingkungan elit, maka kita akan dicegat satpam. Satpam berfungsi menjaga lingkungan perumahan tersebut agar kondusif. Sama halnya dengan antivirus, antivirus yang terpasang berfungsi sebagai “satpam” sistem operasi anda yang menjamin tidak ada gangguan dari virus yang akan mengusik lingkungan sistem. Dikatakan melawan virus, apabila komputer anda sudah terinfeksi virus, maka antivirus juga akan berusaha untuk melawan, membasmi atau memusnahkan virus tersebut. Kembali kita ke lingkungan perumahan elit tadi, apabila suatu ketika lingkungan perumahan tersebut terdapat seorang pencuri, maka satpam inilah yang bertugas mengamankan sang pencuri tadi agar lingkungan perumahan tersebut kembali kondusif. Begitu juga halnya dengan virus komputer yang sudah menginfeksi komputer atau laptop anda, antivirus yang terpasang akan dengan sigap mencari induk dari virus serta menetralisir atau memperbaiki sistem yang telah dirusak oleh virus agar sistem anda kondusif.
Janganlah mengandalkan pemahaman sendiri dalam menghadapi mitos-mitos seputar virus komputer, itu akan membawa anda kepada takaran seberapa awamnya anda.

About Petrus Adi Susilo

Im a product of a GODs grace.. Mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2009 @ Universitas Palangkaraya.

Posted on July 15, 2012, in Belajar Komputer. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: